Kopi Sebagai Partner Semangat Hidup

Kopi?

Kata itu sudah pasti tidak terasa asing lagi terdengar di telinga kita.
Saya yakin trend kopi sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, sama halnya seperti teh.
Rasanya, sebelum kita memulai suatu aktivitas ataupun pekerjaan, sepertinya kurang asyik jika tidak diawali dengan secangkir kopi. Lalu, ketika hari sudah sore,, huaaaam.. Mulai ngantuk, letih. Ngopi dulu deh haha..
Bener gak sobat? :)

Saya tidak bisa memungkiri bahwa kepopuleran kopi itu disebabkan karena harganya yang relatif terjangkau baik oleh kalangan bawah, menengah, ataupun atas. Semuanya dapat minum kopi. Hal ini juga didukung dengan luasnya pemasaran kopi mulai dari pasar tradisional, modern bahkan di Convenience Store. Aroma dan rasanya? Hmm... Mantap deh pokoknya !

Nah sekarang,,, yuk berbagi info tentang kopi !

Fakta unik dan jenis-jenis biji kopi beserta khasiatnya

Kopi tentunya dibuat dari biji kopi. Ada 2 varietas biji kopi, yaitu kopi arabika dan robusta. Arabika memiliki rasa asam; terkenal juga akan kepahitannya, serta memiliki sifat halus dan kental. Berbeda dengan arabika, robusta memiliki rasa mirip cokelat, manis, dan teksturnya kasar.

Kopi sendiri ternyata memiliki beberapa fakta unik lho. Berikut ulasannya :

  • Kopi banyak mengandung antioksidan yang dapat menurunkan risiko kematian. Orang barat memperoleh sumber antioksidan terbesar dari kopi lho. Namun, jangan mengonsumsinya terlalu banyak ya. Maksimal 500 - 600mg per hari atau 2 cangkir kopi.
  • Orang yang banyak mengonsumsi kopi biasanya memiliki kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, dan makan daging merah.
  • 1 cangkir kopi mengandung 11% vitamin B2 (Riboflavin), 6% vitamin B5 (asam pantotenat), 3% mangan dan potasium, serta 2% niasin dan magnesium.
  • Kafein pada kopi dapat membakar lemak karena mampu meningkatkan metabolisme tubuhmu 3 hingga 11%. Cocok deh buat diet ! Haha..
  • Setelah kamu minum kopi, kafein kopi hanya butuh waktu 10 menit untuk mulai bekerja terhadap tubuhmu.
  • Kopi bisa mencegah alzheimer, demensia, dan sirosis hati.
  • Kafein meningkatkan semangat dan performamu ketika beraktivitas atau berolahraga. Hmm.. Mirip doping ya haha..
  • Jika ingin kopimu tetap hangat, tambahkan krim dan jika kamu ingin memperlemah efek kafein terhadap tubuhmu, tambahkan susu.
  • Mencium aroma kopi bisa membuatmu terbangun karena saraf-saraf di otakmu aktif dengan cepat.
  • Semakin lama kopi dipanggang, kandungan kafeinnya akan semakin berkurang.
  • Dekafein bukan berarti kopi tersebut bebas kafein. Dekafein masih menyisakan 2 hingga 12 miligram kafein dibandingkan kopi regular yang kandungan kafeinnya berkisar 95 - 200mg.

Minuman kopi itu banyak ya jenisnya. Kalau misal kita pergi ke kafe modern, contohnya Starbucks, kita disuguhi banyak sekali jenis kopi pada menu, seperti Mocha, Cappucino, Americano, Breve, Caffee Macchiato, Espresso, Frappuccino, Joss, dan lainnya yang terus-menerus bertambah banyak jenisnya.

Berikut saya deskripsikan komposisinya sesuai urutan pemasukan terlebih dahulu hingga ke yang terakhir dimasukkan. Kali ada yang ingin coba-coba membuat jenis kopi favoritnya :)

  • Espresso merupakan minuman berisi kopi saja, tanpa ada campuran lainnya
  • Mocha terdiri dari espresso, sirup cokelat, susu, lalu ditambahkan whipped cream
  • Cappucino dimulai dari espresso, susu, kemudian foam yang banyak 
  • Americano merupakan espresso yang diencerkan dengan air panas
  • Breve adalah espresso dengan susu yang ditambahkan foam setengah-setengah 
  • Caffee Macchiato berisi espresso dan susu dengan perbandingan 4:1. Di atasnya tentu dapat ditambahkan krim. Caffee macchiato terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu espresso macchiato (jika sedikit susu ditambahkan ke espresso) dan latte machiato (jika sedikit espresso yang ditambahkan ke susu)
  • Frappucino adalah jenis espresso dingin dengan susu dan krim
  • Joss sering terdengar di jogja nih. Kopi joss merupakan kopi panas yang dimasuki arang dengan bara api. Wah, lidah geger deh mencicipinya :)
Jenis kopi yang saya yakin anda pernah dengar karena harga yang paling mahal di dunia berasal dari kotoran luwak, yaitu kopi luwak. Kopi ini merupakan kopi kalangan atas yang diproduksi pada saat bulan penuh. Mahalnya kopi luwak dikarenakan proses produksi kopi ini membutuhkan waktu lama. Banyaknya permintaan akan kopi luwak tidak sebanding dengan jumlah yang dapat diproduksi. Proses pembuatan kopi luwak juga melibatkan luwak sebagai pabrik fermentasinya sehingga biaya operasional untuk merawat luwak tersebut juga mempengaruhi harga kopinya. 

Berdasarkan hasil riset, kopi luwak juga memiliki banyak khasiat, yaitu :
  • Menjaga kesehatan mulut dan gigi dari serangan mikroba patogen
  • Melindungi kulit, terutama dari kanker kulit karena kopi luwak mengandung vitamin E
  • Mencegah kanker payudara, syaraf, dan parkinson karena kopi luwak mengandung antioksidan yang sangat tinggi dibandingkan kopi lainnya
  • Mencegah diabetes, kolesterol, dan batu empedu
  • Meningkatkan stamina tubuh karena dapat melancarkan sistem pembuluh darah dan merangsang produksi hormon adrenalin
  • Menjaga estetika kulit dan rambut karena kandungan alkaloid, asam organik, serta asam linoleat pada kopi luwak
Keren ya :)

Kopi lainnya yang mirip kopi luwak adalah kopi ivory hitam. Kopi ini berasal dari kotoran gajah ! Namun, harganya masih lebih murah dibandingkan kopi luwak :)

Ternyata mengetahui hal-hal tentang kopi itu sangat menarik ya. 
Semoga dengan artikel ini, kita bisa memiliki dasar untuk berangan-angan menjadi barista^^
Oh ya, berhati-hatilah dengan kopi palsu ! Next, kita akan membahas kopi herbal atau kopi luwak?

Sekian,
Tutor Genius.


Share this article :

1 comment:


 
Sistema Enlaces Reciprocos Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo 100% Backlink Indonesia Education Blog Directory Top  blogs free web site traffic and promotion Business top blog sites Free Fast Backlinks Auto Backlink Gratis: INFO DAN BISNIS ONLINE Indonesia Free Backlink Belajar Bisnis Online Untuk Pemula Tips dan Trik Sukses Bisnis Online TV INDONESIA Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia Auto Backlink freebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribufreebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uiklansahabatseribusayangbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZY4905GOBLOGANEKA VIDEOFECEBLOG 4UIsangrajamayasurgawebbabulfatahbacklinkgratis4useribukatamutiaramajelisrasulullahSERIBU KAWAN AUTO BACKLINK. Add Your Site For Free Today! MINUMAN INDONESIA. BACKLINK GARUT. CARA DAN TIPS. Makanan khas priangan Florists Links katamutiara4u Photobucket KOPICOFE IKLAN Pantes Promosi Shopping Blogs
Free Backlinks Juragan X-RO™ Plugboard Mania Hochzeitsmusik - Streichquartett