"Ilusi" Makanan Sehat

Saat ini, pemalsuan terjadi hampir di semua hal. Apa yang dirasa oleh indra kita belum tentu sesuai dengan hal yang seharusnya; seolah-olah terperangkap dalam sebuah ilusi. Yang paling bahayanya lagi adalah ketika ilusi ini masuk ke dalam makanan kita, lalu tanpa kita sadari masuk ke dalam tubuh sehingga merusak asupan nutrisi dan mengancam kesehatan.

Contoh pemalsuan makanan yang baru-baru ini terjadi di Indonesia adalah beras plastik
Bagaimana dengan produk makanan lainnya?

Berikut Tutor Genius merangkum beberapa daftar makanan di sekitar kita yang sering dipalsukan.

Adulterasi pemalsuan makanan sehat


Susu

Asupan kesehatan susu memiliki peran vital untuk kesehatan anak-anak. Mirisnya, ada susu yang dioplos dengan air sehingga mengurangi nilai gizi susu tersebut, Lalu, jika air yang digunakan tidak steril, kebayang gak sih apa yang akan terjadi? :(
Hmm, itu masih pemalsuan tingkat rendah. Pemalsuan tingkat tinggi terhadap susu dilakukan dengan mencampurkan kanji, soda api, gula, urea, kapur, dan amonium sulfat membentuk penampakan seperti susu. Wah, mengerikan ya jika susu palsu ini masuk ke menu pelengkap hidangan kita.

Madu

Adulterasi pemalsuan madu makanan sehat

Saat ini, madu termurni yang masih dapat kita lihat kemungkinan hanya ada di film kartun Winnie the Pooh saja. Manfaat kesehatan yang ada di madu telah tergantikan oleh mineral dan antibiotik yang tentu saja tidak diperuntukkan untuk dikonsumsi manusia. Selain itu, madu sekarang juga memiliki tambahan sirup gula yang diwarnai secara sintetik. Pemalsuan pada madu sangat sulit untuk dideteksi karena diberlakukannya proses ultrafiltrasi pada madu tersebut.

Jus Buah

Beberapa jus buah telah tergantikan vitaminnya dengan cita rasa dan pewarna artifisial, sirup gula, dan glukosa. Sedangkan jus yang digunakan adalah jus yang lebih murah atau jus yang telah diencerkan.

Kopi

Adulterasi pemalsuan kopi makanan sehat

Apa kamu tahu bahwa sekarang ini kopi kemasan banyak mengandung serbuk gergaji, biji asam jawa, dan bubuk sawi? Kalau dulu orang pada waspada hanya terhadap kafein pada kopi saja, saat ini sepertinya lebih baik membeli biji kopi segar dan menumbuknya sendiri deh :D

Seafood

Merkuri pada seafood sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Pergerakan merkuri menuju perairan, lalu tanaman, ikan, dan terakhir ke manusia dapat berakibat pada penyakit kanker yang mematikan. Pergerakan logam berat ini akan terus berputar dalam rantai makanan dimana rantai makanan terakhir sebagai pengonsumsi merkuri dengan kadar tertinggi.

Tepung

Tepung biasanya menjadi sumber makanan pokok dalam kehidupan kita. Namun, saat ini banyak tepung dipalsukan dengan kanji untuk mengentalkan krim yang terbentuk sehingga tentu mengurangi kandungan nutrisinya.

Gorengan

Sudah tidak umum lagi jika gorengan ditambahkan dengan plastik guna meningkatkan rasa renyahnya. Pada kentang goreng, pemalsuan dilakukan dengan menggunakan lemak babi pada awal proses menggoreng di suhu tinggi sebagai pengganti dari minyak kelapa sawit.

Minyak zaitun

Minyak berkualitas tinggi ini ternyata sering dicampurkan dengan minyak goreng biasa, minyak bunga matahari ataupun minyak hazelnut. Hadeh..

Telur

Adulterasi pemalsuan telur makanan sehat

Telur palsu dibuat dengan membentuk cangkang kulit telur dari kalsium karbonat, sedangkan isinya terbuat dari natrium alginat, tawas, dan gelatin. Mengonsumsinya akan membuat lambungmu rusak !

Es Krim

Es krim dibuat di ruang beku yang memberikan kesempatan untuk dipalsukan dengan menambahkan substansi lemak ke dalamnya. Selain itu, ada juga yang ditambahkan dengan butraldehida, bubuk cuci, emil asetat, nitrat, dan etil asetat yang tentunya terdengar tidak mengenakkan bagi kesehatan kita. 
Bersamaan dengan bahan-bahan tersebut, digunakan pula gom khusus sebagai agen penetral guna membuat es krim menjadi sticky serta memperlambat pelelehan es krim. Menyeramkan ya? :(

Ke depannya, kita tidak tahu makanan apalagi yang akan dipalsukan. 
Semoga pengawasan dan peraturan terhadap peredaran bahan makanan semakin diperketat dan ditegakkan secara berkala.

Salam,
Tutor Genius.
Share this article :

5 comments:

  1. jaman sekarang edan,dan serba rumit + susah.sepertinya jaman sekarang klw mau sehat apa-apa harus di buat sendiri ya.

    ReplyDelete
  2. terimakasih gan infonya :D harus berhati hati nih :D

    ReplyDelete
  3. Makasih atas informasinya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. Untung aja ada yang pernah dicobain

    ReplyDelete


 
Sistema Enlaces Reciprocos Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo 100% Backlink Indonesia Education Blog Directory Top  blogs free web site traffic and promotion Business top blog sites Free Fast Backlinks Auto Backlink Gratis: INFO DAN BISNIS ONLINE Indonesia Free Backlink Belajar Bisnis Online Untuk Pemula Tips dan Trik Sukses Bisnis Online TV INDONESIA Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia Auto Backlink freebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribufreebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uiklansahabatseribusayangbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZY4905GOBLOGANEKA VIDEOFECEBLOG 4UIsangrajamayasurgawebbabulfatahbacklinkgratis4useribukatamutiaramajelisrasulullahSERIBU KAWAN AUTO BACKLINK. Add Your Site For Free Today! MINUMAN INDONESIA. BACKLINK GARUT. CARA DAN TIPS. Makanan khas priangan Florists Links katamutiara4u Photobucket KOPICOFE IKLAN Pantes Promosi Shopping Blogs
Free Backlinks Juragan X-RO™ Plugboard Mania Hochzeitsmusik - Streichquartett