Jangan Memanaskan Kembali Makanan Berikut ! Beracun !

Sering merasa sibuk hingga tidak dapat menikmati waktu makan seutuhnya? Atau ada rencana berlibur kemudian mempersiapkan bekal makanan dari jauh-jauh hari?
Pada akhirnya semua makanan ataupun sisa makanan itupun disimpan dalam kulkas dan dipanaskan kembali di hari berikutnya.

Yuph, untuk beberapa jenis makanan, tindakan tersebut dapat MEMBAHAYAKAN DIRIMU !
Berikut beberapa makanan tersebut.

Memanaskan Makanan Kembali Berbahaya


Jamur

Memanaskan makanan Jamur Kembali Berbahaya


Jamur harus dimakan segera setelah dimasak. Jika kamu menyisakannya untuk besok dan menyimpannya di dalam kulkas, makanlah dalam keadaan dingin. Ini juga berlaku untuk risotto dan sup yang dibuat dari jamur. Jika jamur dipanaskan kembali, komposisi protein dan rasanya dapat berubah serta dapat mengakibatkan masalah pencernaan; gizinya pun hilang.

Daging ayam

Memanaskan makanan Ayam Kembali Berbahaya

Seperti jamur, memanaskan kembali ayam apalagi pada suhu tinggi dapat merusak protein pada daging ayam, terutama daging ayam merah. Jika keadaan mengharuskan kamu untuk menyimpan daging ayam yang telah kamu masak, lebih baik simpanlah pada suhu rendah dan hangatkan saja selama jangka waktu yang cukup panjang.

Kentang

Memanaskan makanan Kentang Kembali Berbahaya


Nutrisi kentang yang tinggi akan hilang hampir seluruhnya, bahkan akan menjadi racun jika kentang yang telah masak dipanaskan kembali. Makan segera setelah dimasak atau bahkan dalam keadaan dingin sehingga kandungan pati resistannya tetap terjaga. Pati resisten ini baik untuk pencernaanmu karena mampu memperpanjang rasa kenyang. 

Bayam

Memanaskan makanan Bayam Kembali Berbahaya

Kandungan nitrat tinggi pada bayam akan berubah menjadi nitrit jika kamu memanaskan kembali bayam yang telah masak. Nitrit sangat karsinogenik terhadap tubuh manusia.  Jadi, makanlah segera bayam segar yang telah dimasak.

Ubi


Memanaskan makanan Ubi Kembali Berbahaya

Seperti bayam, ubi juga mengandung nitrat dan sangat berbahaya jika ubi dipanaskan kembali. Makanlah dalam keadaan dingin setelah disimpan dalam kulkas.

Saledri dan wortel

Memanaskan makananSaledri Wortel Kembali Berbahaya

Saledri dan wortel juga mengandung nitrat. Jadi, jika kamu menggunakan ke-2 bahan ini untuk membuat sup, maka pisahkanlah terlebih dahulu saledri dan wortelnya sebelum memanaskan sup kembali. Memang agak menyusahkan, tetapi kesehatan jauh lebih berharga bukan? :)

Telur

Memanaskan makanan Telur Kembali Berbahaya

Telur sangat berisiko tinggi dan akan menjadi beracun jika dipaparkan pada suhu tinggi. Tetapi, hal ini hanya berlaku untuk hidangan dengan telur rebus atau telur goreng, tidak untuk telur saos orak-arik.

Nasi

Memanaskan makanan Nasi Kembali Berbahaya

Nasi paling sering bersisa dalam kehidupan kita dan sisa nasi ini dapat menghasilkan racun jika dipanaskan kembali. Sebenarnya masalahnya bukan di memanaskan kembali, tetapi di bagaimana nasi tersebut disimpan sebelum dipanaskan kembali. Nasi yang belum dimasak mengandung spora bakteri yang dapat meracuni nasi. Ketika nasi dimasak, spora dapat bertahan. Lalu jika nasi dibiarkan lama pada suhu ruang, spora akan berkembang dan memproduksi racun yang dapat mengakibatkan muntah atau diare. Semakin lama nasi dibiarkan, akan semakin bahaya terhadap kesehatanmu.Memanaskan kembali nasi tidak akan dapat menghilangkan racun tersebut. 

Jadi, hal yang dapat kamu lakukan untuk menangani sisa nasi adalah :
  • Simpan sisa nasi segera di kulkas setelah memasaknya atau mengonsumsinya (idealnya 1-2 jam). Penyimpanan jangan lebih dari 1 hari
  • Ketika memanaskan kembali, pastikan pemanasan dilakukan secara merata dan tidak boleh lebih dari 1x karena dapat merusak nutrisi nasi itu sendiri
Demikian beberapa list makanan yang menjadi "alarm" perhatian kita sebelum mempersiapkannya kembali.
Berhati-hatilah sahabat.

Salam,
Tutor Genius.

Share this article :

9 comments:

  1. baru tau gan kalau daging ayam gak boleh di panasinn lagi tanks infonya gan

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu saya biasanya kalau dingin saya panasin dulu sebelum di makan, nice info

    ReplyDelete
  3. Walahhh,, ternyata ubi masuk kategori juga.. padahal favorit banget dengan ubi...
    Tetapi, trims sudah berbagi info yang demikian

    ReplyDelete
  4. wah tenyata begitu yah, makasih infonya gan

    ReplyDelete
  5. hampir semua pernah dipanaskan :v .. thx infonya

    ReplyDelete
  6. waduh, kalo saya nasi diangetin terus smpai 2 hari

    ReplyDelete
  7. terimakasih gan infonya :D baru tau ane

    ReplyDelete


 
Sistema Enlaces Reciprocos Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo 100% Backlink Indonesia Education Blog Directory Top  blogs free web site traffic and promotion Business top blog sites Free Fast Backlinks Auto Backlink Gratis: INFO DAN BISNIS ONLINE Indonesia Free Backlink Belajar Bisnis Online Untuk Pemula Tips dan Trik Sukses Bisnis Online TV INDONESIA Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia Auto Backlink freebanner4uSERIBU KAWANbertaubatlahiklanseribufreebacklinks4usatriopiningitkatamutiara4usehatwalafiahiniinfo4uiklansahabatseribusayangbloggratiss4usurgalokaSERBA SERBISENI LUKISTEMPLATE GRATISWARGA BISNISAGUS FAUZY4905GOBLOGANEKA VIDEOFECEBLOG 4UIsangrajamayasurgawebbabulfatahbacklinkgratis4useribukatamutiaramajelisrasulullahSERIBU KAWAN AUTO BACKLINK. Add Your Site For Free Today! MINUMAN INDONESIA. BACKLINK GARUT. CARA DAN TIPS. Makanan khas priangan Florists Links katamutiara4u Photobucket KOPICOFE IKLAN Pantes Promosi Shopping Blogs
Free Backlinks Juragan X-RO™ Plugboard Mania Hochzeitsmusik - Streichquartett